Minggu, 04 Oktober 2015

تعليم التقريرات السديدة " كتاب الطهارة"

"كتاب الطهارة"

تعريف الطهارة لغة : النظافة والخلوص من الأدناس الحسية : كالطهارة عن الحدث والخبث، والمعنوية : كالطهارة عن الأمراض القلبية : كالعجب والكبر والحسد والريا.

"Kitab Menjelaskan Tentang Thoharoh"

Ta'rif (definisi) Thoharoh menurut lughot (bahasa) adalah bersuci dan membersihkan dari berbagai macam kotoran yang Hissi (dzohir/bisa dirasakan oleh panca indra), contohnya seperti bersuci dari hadats dan najis.

Juga membersihkan dari kotoran yang ma'nawi (batin), contohnya seperti membersihkan diri dari berbagai macam penyakit hati seperti: Ujub (merasa diri lebih dari orang lain), Takabbur (Sombong), Hasud (iri/dengki), dan Riya.

وشرعا : رفع حدث، أو إزالة نجس، أو ما فى معناهما، أو على صورتهما. وهذا تعريف الإمام النووي.

Dan Ta'rif (Definisi) Thoharoh menurut syara' ialah menghilangkan hadats (kecil maupun besar), atau menghilangkan najis, atau pekerjaan yang sama makna nya dengan menghilangkan hadats dan menghilangkan najis, ataupun pekerjaan yang serupa dengan menghilangkan hadats dan menghilangkan najis. Demikian lah Ta'rif Thoharoh yang dikemukakan oleh Al-Imam An-Nawawy.

وشرح التعريف :
١. رفع حدث : كالوضوء والغسل
٢. إزالة نجس : كالإستنجاء بالماء وغسل الثوب المتنجس.
٣. ما فى معنى رفع الحدث : كالتيمم، ووضوء صاحب الضرورة كسلس البول، فإن الحدث لايرتفع فيهما.
٤. ما فى معنى إزالة النجاسة : كالإستنجاء بالحجر، فإن أثر النجاسة باق.
٥. ما على صورة رفع الحدث : كالأغسال المسنونة، والوضوء المجدد، والغسلة الثانية والثالثة فى غسل اليد وغيرها، فإنهما لم يرفعا الحدث، وصورتهما كالغسلة الأولى.
٦. ما على صورة إزالة النجاسة : كالغسلة الثانية والثالثة فى إزالة النجاسة، فإنهما لم تزيلا النجاسة، وصورتهما كالغسلة الأولى.

Penjelasan dari Ta'rif Thoharoh:

1. Menghilangkan hadats yaitu seperti wudhu dan adus (mandi besar).

2. Menghilangkan najis yaitu seperti beristinja dengan air dan membasuh pakaian yang terkna najis.

3. Perkara yang sama maknanya dengan menghilangkan hadats yaitu seperti tayammum, dan wudhu nya orang yang darurat seperti orang yang terus menerus keluar air kencing (beser). Karena sesungguhnya hadats tidak hilang dari dua orang tersebut.

4. Perkara yang sama maknanya dengan menghilangkan najis yaitu seperti beristinja dengan batu. Oleh karena itu, sesungguhnya atsar (bekas) dari najis itu sendiri tetap ada dan tidak hilang.

5. Perkara yang serupa dengan menghilangkan hadats yaitu seperti basuhan-basuhan yang disunatkan, dan wudhu yang diperbaharui, juga basuhan yang kedua dan ketiga dalam membasuh tangan dan yang lainnya dalam berwudhu. Karena sesungguhnya basuhan kedua dan ketiga tidak menghilangkan hadats, walaupun pekerjaanya serupa dengan basuhan pertama.

6. Perkara yang serupa dengan menghilangkan najis yaitu seperti basuhan yang kedua dan ketiga dalam menghilangkan najis. Karena sesungguhnya basuhan tersebut tidak dapat menghilangkan najis, walaupun dalan segi pekerjaan serupa dengan basuhan pertama.

مقاصد الطهارة )أشكالها( أربعة : الوضوء، واالغسل، والتيمم، وإزالة النجاسة.

Maksud atau tujuan Thoharoh (bersuci) ada 4:
1. Wudhu
2. Mandi besar (Adus)
3. Tayammum
4. Menghilangkan najis

وسائل الطهارة )ٱلأشياء التي يتطهر بها( أربعة :
١. الماء : إذا كان طهورا )مطلقا(
٢. التراب : إذا كان طاهرا طهورا خالصا له غبار
٣. الدابغ : إذا كان حريفا ينزع الفضلات عن الجلد
٤. حجر الإستنجاء : إذا كان قالعا، جامدا، طاهرا، غير محترم.

Adapun wasilah/ media (perkara yang dapat dipakai untuk bersuci) ada 4:
1. Air : bilamana air tersebut ialah air suci lagi mensucikan (muthlak)
2. Tanah : bilamana tanah tersebut ialah tanah yang suci lagi mensucikan juga bersih dan mengandung debu
3. Samak (Dabigh) : bilamana hal tersebut ialah barang kesat/sepet juga dapat menghilangkan daging sisa yang masih menempel pada kulit
4. Batu Istinja : bilamana batu tersebut dapat mencabut, keras, suci juga bukan barang yang di muliakan syara'.

والله أعلم بالصواب